Tak Ada Rahasia Lagi Dari Seorang Penulis

Saya mulai memberikan pelatihan jurnalistik dan fiksi pada 1990. Saat “Pesta Pelajar Majala HAI” di Kota Malang. Sayang, saya tidak memiliki fotonya. Sejak itulah saya senang memberikan pelatihan. Saya membebrkan dapur saya. Saya menyebutnya “Gempa Literasi”. Semua “Rahasia Penulis” versi saya dipaparkan. Ini memang “Bukan Sekadar Tips Menulis” karena saya membumbuinya dengan unsur traveling. Tidak ada yang saya sembunyikan. Saya berikan semua pengalaman menulis saya. Rundown pelatihan menulis saya:

1. Pembacaan atau musikalisasi puisi. Bisa dari saya atau peserta juga dipersilahkan.
2. Literasi Keluarga; saya membagikan pengalaman bagimana Bapak dan Emak menguatkan hati saya setelah tangan kiri diamputasi dengan buku dan badminton. Kedua hal itulah yang menempa hidup saya. Diselipkan pengalaman saya saat traveling.
3. Literasi Masyarakat; saya membagikan pengalaman cara mengelola komunitas literasi, terutama Rumah Dunia yang saya kelola bersama para relawan.
4. Pelatihan Menulis (essay, cerpen, atau novel). Saya memulai karir penulis lewat puisi sejak SMA (1981). Mulai menulis novel (Balada Si Roy) di Majalah HAI (1988). Kini sudah 125 buku yang saya tulis; ada novel, buku ppuisi, parenting, kumpulan essay, kumpulan cerpen, buku catatan perjalanan. Karena pandemi Covid-19, saya membuka :

KELAS MENULIS ONLINE CERPEN DINAMIS BERSAMA GOL A GONG

Untuk Kelas Cerpen Dinamis untuk 20 orang saja. Biaya lima puluh rebeng saja. Hanya 1 kali pertemuan, tiga jam. Silakan yang mau gabung, daftar ke Tias Tatanka 081906311007.
Tetap semangat. Anda jadi penulis, kami histeriiiis…

*)Gol A Gong, Rumah Dunia, Serang-Banten, 9 Juni 2020

Please follow and like us:
error1
fb-share-icon0
Tweet 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *