Mengapa Literasi Baca Tulis Itu Penting?

Pada awalnya, literasi baca-tulis dipahami sebagai melek aksara. Hanya sekadar dapat mengenal huruf-angka serta bisa membaca dan menulis. Literasi baca-tulis menurut kamu? Bagi saya: literasi baca-tulis adalah daya juang, daya hidup. Upaya seseorang mengubah hidupnya menjadi lebih baik dengan cara membaca dan menulis.

Please follow and like us:
error3
fb-share-icon0
Tweet 5

11 Balasan untuk “Mengapa Literasi Baca Tulis Itu Penting?”

  1. Bagi saya, literasi baca-tulis adalah motor penggerak untuk mendidik diri sendiri dan orang lain agar menjadi masyarakat pembelajar (learning society) yang adaptif dan inovatif. Sementara itu, masyarakat pembelajarlah yang akan berproses membentuk diri menjadi masyarakat literat.

  2. Membaca sangat penting sekali, pengalamanku membaca melambungkan mimpi setinggi langit menjadi nyata walau mewujudkannya harus babak belur. Membaca buku doa lusuh dan buku 4 Imam Mashab itu yang mekambungkanku ingin jadi penulis dan tegar menjalani hidup sekeras apapun.

  3. Membaca dan menulis menjadi sesuatu yang asik, sangat penting karena ketika menulis tanpa membaca menjadi tawar terasa dengan kalimat yang terasa biasa tapi dengan membaca lalu menulis, tulisan menjadi hidup dan indah, begitu sebaliknya. Jadi membaca dulu baru nulis yah. Salam Literasi

  4. Membaca dan menulis adalah sebuah perintah atau hukum alam. Jadi harus dikerjakan sesuai kaidah-kaidah hukum alam. Sehingga dapat meningkatkan kualitas diri sebagai manusia yang diberikan sedikit amanah dari Sang Pencipta sebagai Kalifah di muka bumi.
    Meski sebenarnya secara naluriah semua manusia akan belajar membaca dan menuliskannya apa yang dipelajarinya/ pengetahuannya.
    Hanya yang perlu kita kembangkan adalah dari budaya tutur ke budaya menulis karena yang diakui dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa di dunia adalah budaya tulisan. Mksh.

  5. Membaca dan menulis memang tidak pernah bisa dipisahkan. Membaca tanpa menulis, tentulah tidak ada jejak karya yang ditinggalkan. Menulis tanpa membaca, tidak mungkin bisa menghasilkan karya berguna

  6. Bagi saya literasi baca tulis merupakan aset yang bernilai tak terhingga guna menentukan nasib seseorang di masa depan. Oleh karenanya literasi baca tulis adalah modal dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)