Kata-kata tersebut seperti menampar pipiku, karena aku ingin sukses secara instan. Emangnya, Indomie? Instan. Padahal, tidak ada orang sukses dengan cara instan, yang ada hanyalah berusaha semaksimal mungkin secara konsisten berkelanjutan.

Dari kata mutiara yang ditulis Kang James Clear itulah, sehingga membuatku berpikir bahwa aku harus fokus pada cara kerjanya, bukan pada hasil yang diinginkan. Ketika aku mengimplementasikan dalam hobi, aku membuat konten video di media sosial, entah kenapa setelah membaca buku motivasi paling laris ini, aku menjadi rajin mengunggah video setiap hari ke media sosialku. Dari hasil konsisten lah, aku mendapatkan dollar dan penggemar 8000 Subscriber di Channel YouTube-ku Sejo Qulhu.  Aku meyakini bahwa, “Tidak ada kreator yang gagal, yang gagal adalah kreator yang berhenti upload video!”

Kecenderungan Motivasi

            Cover buku Atomic Habits tertulis jelas dalam lingkaran hitam “Terjual lebih dari 100.000 Eksemplar di Indonesia.” Wow, fantasitis bukan? Buku Self Improvement ini trending pertama ulasannya, di toko buku Gramedia Store dengan penjualan sekitar lima ribu eks lebih di Tokopedia, buku tersebut dibandrol dengan harga Rp 108.000. Dikutip dari berita tirto.id, buku Atomic Habits terjual lima juta eksemplar lebih di seluruh dunia.

            Entah kenapa, dunia perbukuan Indonesia lima tahun terakhir 2018-2022, mengalami peningkatan signifikan khususnya pada buku pengembangan diri Self Improvement. Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id jenis buku non fiksi ini berada di urutan kedua, dengan statistik 41% peminat, dan di urutan pertama adalah buku jenis fiksi, statistiknya 75%.

            Seperti misalnya buku karya Oh Su Hyang Bicara itu Ada Seninya (Penerbit Bhuana Ilmu Populer: 2018)¸ atau karya Mark Manson berjudul Segala Galanya Ambyar (Grasindo: 2019). Aku jadi penasaran, apakah memang masyarakat kita krisis motivasi atau kehilangan jati diri? sehingga membeli buku motivasi?

Perubahan Kecil

            James Clear menekankan di lembar halaman sebelumnya bahwa, kita diusahakan fokus dengan perubahan kecil, “1% akan merubah 100% di masa depan. Karena perubahan kecil berakumulasi menjadi hasil yang begitu menakjubkan dan bagaimana anda dapat meniru pendekatan ini dalam hidup anda sendiri? Sukses adalah produk kebiasaan sehari-hari” (18).

            Dari buku inilah aku mulai sadar, dan kembali merubah pola pikir, lakukan perubahan-perubahan kecil seperti misalnya jangan mengerjakan tugas dalam waktu berbarengan, merapikan tempat tidur saat baru bangun tidur. Berjalan kaki untuk menstimulus agar  rajin berolahraga setiap hari. Itulah hal yang bisa aku terapkan dalam keseharian saat aku selesai menamatkan buku ini.

            Ketika kita menganggap menjadi kreator video itu sulit, Kang James Clear  menganggapnya bahwa menjadi kreator video itu mudah. Seperti misalnya jika kita ingin menulis buku, cara mudahnya menulis apa dulu? Ya, kita harus menulis satu kalimat, lalu satu paragraf, lalu seribu kata dan seterusnya seehingga menjadi buku. Hal itu dimulai dari zero to hero.

Santri meresensi Atomic Habits

            Menurut Kang James, bahwa hidup ini adalah soal petunjuk dan prediksi. Ilmu itu aku terapkan dalam keseharianku menjadi seorang kreator video. Petunjuknya adalah rajin upload video, maka prediksinya adalah akan menadapatkan uang adsense atau jasa dari hasil video yang aku buat.

            Buku Atomic Habits ini, kutamatkan berbarengan dengan membaca Al-Qur’an selama bulan ramadan penuh pada tahun 2022, di perpustakaan Rumah Dunia. Subhanallah! Dari keseluruhan isi buku ini, sangat membangkitkan kembali semangat gairah hidupku, untuk meraih cita-cita satu juta subscriber di Channel YouTube Sejo Qulhu. Tagline-nya Santri Kampung, “Jadi Santri Jangan Kampungan!” intinya bacalah buku ini, dan temukan kedahsyatannya. Wassalam!

Judul Buku: Atomic Habits
Penulis: James Clear
Penerbit: Gramedia, 2022
Halaman: IX + 430 hlm
ISBN: 978-602-06-3317-6 *

RESENSI BUKU: Ini adalah halaman resensi buku. Perasaanmu setelah membaca buku. Jika Anda sudah membaca buku, apa yang Anda rasakan? Tuliskan di sini. Sertakan foto diri, buat ilustrasi foto Anda dengan cover buku yang Anda resensi. Ada uang sebagai ganti pulsa sebesar Rp. 100 ribu dari Honda Banten. Kirimkan resensi Anda antara 700 – 1000 kata ke email: gongtravelling@gmail.com .

Please follow and like us:
error52
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia