WARISAN

Warisan dari Umar selama 10 tahun menahkodai Ombudsman Bali, di antara gelombang dan badai lautan, adalah berhasil mewariskan gedung Ombudsman Bali . Saat Pilgub Bali 2018, pemenangnya pernah berjanji akan membangun gedung Ombudsman Bali yang megah.

Janji itu ditepati pasangan Koster-Ace. Gedung megah berlantai dua di Jalan Melati No. 14 Denpasar dihadiahkan kepada Ombudsman Bali.

Umar menulis, “Gedung Ombudsman ini adalah legacy yang teramat penting yang dapat saya tinggalkan bagi Ombudsman RI dan masyarakat Bali.”

Bagi saya legacy dari Umar perlu ditambahkan satu lagi, yaitu buku ini. Dengan buku ini, masyarakat jadi tahu bahwa kinerja Ombudsman Bali adalah sebagai agen atau penyampai pesan dari segala keluhan pelayanan pubik yang minim. Jangan takut untuk melapor sepanjang data-datanya ada.

Hal lainnya, buku ini saya rekomendasikan untuk diperbanyak sebanyak mungkin dan disebarkan ke taman-taman bacaan dan perpustakaan desa di seluruh Indonesia. Dengan cara begini, bahwa menurut penelitian UNESCO “satu pemustaka harus membaca 3 judul buku setiap tahunnya” bisa (sedikit) teratasi. Tinggal mencari 2 judul buku baru lagi. *

Please follow and like us:
error37
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia