Sekarang, Juni – Agustus 2022, Jordy kursus Bahasa Inggris di Pare, kami melepas dengan biasa saja saat dia memasuki bus Rosalia Indah jurusan Merak – Surabaya di terminal Pakupatan. Jordy sudah menemukan jalannya. Setelah itu, Jordy meneruskan petualangannya di Akademi Film Yogyakarta, Agustus 2022 mendatang.

Genap sudah kami ditinggalkan kedua anak lelaki. Gabriel sudah sejak 2012 (kelas 5 SD) mendapatkan beasiswa di Abu Dhabi. Sekarang Gabriel kuliah di Mohammad bin Zayed Uniersity, Abu Dhabi.

Kedua anak lelaki kami sejak usia 3-5 tahun, kami didik agar mandiri. Di meja makanlah semua bermula. Saya dan istri bercerita tentang betapa luasnya dunia ciptaan Allah SWT ini. Kita harus mendatangi dan mengaguminya. Kami menceritakan perjalanan kami di negara luar. Bahkan kami tidak sekadar bercerita. Kami membawa keempat anak kami traveling kota demi kota di Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan Selatan, Singapura, dan Malaysia.

Kami sudah menyiapkan diri kami kembali hidup berdua, kemudian sendiri-sendiri di liang kubur. Puisi dari Kahlil Gibran tentang anak-anak sangat menyentuh:

Dan, perempuan yang memeluk bayi di dadanya berkata, bicaralah tentang anak-anak. Dan, katanya: Anakmu bukanlah anakmu. Mereka adalah putra putri kerinduan kehidupan terhadap dirinya sendiri. Mereka terlahir lewat dirimu, tetapi tidak berasal dari dirimu. Dan, meskipun mereka bersamamu, mereka bukan milikmu.

Semakin hari, kami merasa semakin jauh dengan dunia anak-anak. Keempat buah hati kami sudah memiliki jalan hidupnya masing-masing.

Bagaimana dengan kamu?

Gol A Gong

Please follow and like us:
error52
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia