Erlangga Kusumayuda: Stand Up Comedian Banten Bicara tentang Kemerdekaan

Apa makna merdeka menurut Bang Angga sebagai seorang stand up comedian?

Merdeka menurut saya adalah ketika bisa membuat joke dengan bebas tanpa dibayangi oleh tindakan negatif atas ketersinggungan. Niat saya sebagai komedian adalah untuk memecah gelak tawa penonton bukan menyinggung.

Kalaupun materi yang saya bawakan menyinggung itu tidak jadi masalah. Namun jangan sampai melakukan tindangan yang kurang bijak seperti main pukul, melakukan somasi, menggunakan UU ITE sampai cancel culture.

Menurut Bang Angga apakah Indonesia sudah merdeka dalam kebebasan berkomedi?

Semenjak ada UU ITE dan SJW (Social Justice Warrior) banyak orang mudah tersinggung dan masih banyak orang yang mengambil tindakan kurang bijak ketika mereka tersinggung. Misalnya seperti yang saya sebutkan tadi.

Jika saya sudah bebas membuat joke dan bebas mendengarkannya kepada siapapun mungkin itu merupakan arti merdeka bagi saya sebagai seorang komedian.

Apa harapan Bang Angga sebagai komedian buat Indonesia di usia 77 tahun ini?

Harapan saya sebagai seorang komedian adalah semoga bisa bebas dalam membuat joke dan bebas untuk mendengarkannya kepada siapapun.

Memang ketersinggungan tidak bisa ditebak namun saya harap Indonesia bisa lebih bijak dalam mengelola ketersinggungan.

Dan semoga masyarakat Indonesia bisa lebih menerima perbedaan pendapat. Sehingga walaupun ada sebuah perbedaan bukanlah sebuah persoalan, melainkan sebuah kewajaran. *

Please follow and like us:
error18
fb-share-icon0
Tweet 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)