Pagi itu, Senin (22/8/2022) SMAN 14 Padang menyelenggarakan acara Motivasi Literasi untuk Peserta Didik dalam Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan. Bertempat di lapangan SMP N 14 Padang, 1000 siswa-siswi berkumpul mendengarkan motivasi dari Pinto Janir, sastrawan, drnawan, sekaligus penyanyi yang berdomisili di Padang, Sumatera Barat, dan Gol A Gong Duta Baca Indonesia.

Pada acara itu Pinto mengajak siswa-siswi untuk terus bersemangat dalam belajar, menjadi kreatif agar bermanfaat di masa mendatang. Pinto juga mengapresiasi siswa-siswi SMAN 14 Padang karena sudah berani tampil di depan teman-temannya.

Duet Maut Pintu Janir dan Gol A Gong Bikin Heboh SMAN 14 Padang/foto Rudi Rustiadi

“Tadi kita lihat ada yang bermain gitar, kemudian, membacakan puisi karangannya sendiri. Mereka juga sangat antusias saat diminta Gol A Gong untuk membuat dialog secara spontan di depan teman-temannya yang lain,” ungkap Pinto – Wapimred koran Haluan, saat diwawancara.

Gol A Gong pada kesempatan itu memberi motivasi pentingnya dan manfaat membaca. Ia menunjukkan lengannya yang diamputasi, lalu mengatakan walaupun ia tidak sempurna ia tidak menjadi beban negara bahkan keluarganya karena membaca.

Ia mengatakan bahwa ia bisa sukses menulis 125 buku, dan menjadi Duta Baca Indonesia karena membaca. “Saat saya kecil, setelah diamputasi bapak dan emak menyuruh saya membaca dan berolahraga, maka hasilnya seperti ini. Saya bisa berbicara di depan kalian dan membagikan kisah ini,” ungkap Gol A Gong di hadapan para siswa SMAN 14 Padang.

Kepala Sekolah SMA N 14 Padang, Evidel mengaku sangat senang dengan kedatangan Gol A Gong dan Pinto Janir. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap bulan. “Terimakasih kepada pak Gol A Gong dan Pinto Janir yang telah memberikan semangat dan inspirasi untuk siswa-siswi SMA N 14 Padang,” katanya. “Wah, ini duet maut Pinto Janir dan Gol A Gong. SMAN 14 Padang heboh dibuatnya.”

Pada kesempatan itu, Gol A Gong juga membagi-bagikan buku. Hal itu memang sudah menjadi kebiasaan Gol A Gong setiap menjadi narasumber pada sebuah acara. Salah satu buku yang dibagikan adalah novel Balada Si Roy yang filmnya akan segera direlease di bioskop Oktober 2022 . *

Please follow and like us:
error37
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia