Sejak saat itu, aku yang memegang manajemen Pusling Rumah Dunia, baik itu secara keuangan maupun program. Aku juga yang menjadi kontak person ketika ada yang mengundang pusling Rumah Dunia.

Perpustakaan keliling Rumah Dunia rutin menggelar lapakan buku di pusat kota atau tempat keramaian setiap minggu pagi, biasanya di Alun-alun Kota Serang (depan Gedung DPRD Kab. Serang) atau di Stadion Maulana Yusup, Ciceri.

Hal itu adalah salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan buku dan menyebarkan spirit literasi yang sudah dibangun sejak lama di Rumah Dunia.

Ada kesenangan tersendiri ketika aku melihat ibu yang membacakan dongeng untuk anaknya, melihat keluarga kecil yang bergembira dengan buku dan melihat anak-anak yang riang gembira ketika membaca buku dan menggambar.

Perpustakaan keliling Rumah Dunia juga sering diundang untuk memeriahkan acara mahasiswa yang sedang KKN, atau acara-acara yang lainnya. Hal yang paling seru ketika kunjungan perpustakaan keliling adalah ke sekolah.

Setiap kami menggelar lapakan buku di sekolah, pasti anak-anak berhamburan menghampiri perpustakaan keliling untuk memilih buku yang ingin mereka baca. Selain membaca, kami juga menyediakan alat menggambar untuk anak-anak, gambar yang paling bagus akan diberikan hadiah.

Kegiatan literasi bersama perpustakaan keliling rumah dunia kami kemas dengan menyenangkan, ada dogeng, games seru dan hadiah menarik. Ini yang Mas Gol A Gong ajarkan kepada kami sebagai relawan, mengemas kegiatan literasi dengan hal yang menyenangkan.

Saat ini, aku dan relawan Rumah Dunia lainnya sedang membicarakan program baru pusling Rumah Dunia, yaitu “Perpustakaan Keliling Rumah Dunia Goes to School.” Bang Abdul Salam, Presiden Rumah Dunia setuju dengan program baru itu, hal serupa juga pernah dilakukan ketika zaman Bang Salam masih menjadi relawan.

Aku juga sudah diskusi dengan Mas Gol A Gong terkait program Perpustakaan keliling Rumah Dunia Goes to School ini. Mas Gong mengarahkan beberapa hal yang mesti kami persiapkan untuk program baru pusling.

Kami akan memulai program ini dengan mengunjungi Sekolah Dasar di Kota Serang hari sabtu pagi. Menu acaranya meliputi membaca, mendongeng, menggambar dan akan ada aksi literasi dari Jang RuDun, maskot Rumah Dunia.

Sekolah yang kami kunjungi, tidak dipungut biaya. Untuk biaya operasional perpustakaan keliling dari kas Rumah Dunia, donatur dan sponsor.

Jika ada yang tertarik mensponsori program ini, silakan kontak 0881024146627 (Naufal) atau jika ingin menyumbang silahkan transfer ke 5411144667 (BCA) atas nama Muhammad Naufal Nabilludin.

Please follow and like us:
error51
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia