Safari Literasi Duta Baca Indonesia-Perpusnas RI di Bogor sejak 19 September 2023 berakhir di KB Alika, desa Gorowong, Parungpanjang. Saya sebagai Celemek Ajaib Paman Paman Gong. Kami memutuskan pulang lewat Rangkasbitung. Kami meluncur dari Parungpanjang menuju Jasinga. Jalannya bagus tapi banyak truk besar mengangkuti pasir dan batu. Jadi berdenu.

Rasa lelah di jalan Parungpanjang menuju Jasinga Bogor yang berdebu, jadi terhibur dengan tulisan di pantat sebuah truk, “Wanita akan terlihat cantik ketika keluar dari pengadilan agama.” Sungguh romantis sekali. Hahaha. Itulah literasi jalanan ala supir truk yang menghibur.

Begitulah supir truk menghibur dirinya. Saya melihat di setiap belokan, pasti ada (oknum) yang mencegatnya sambil menyodorkan tangan. Belasan taau puluhan ribu uang berpindah tangan. Itulah pungli. Ah, lupakan pungli. Kita kembali saja menikmati tulisan di pantat truk!

Jalanan di Parungpanjang yang berdebu ini bisa jadi setting lokasi di novel atau cerpen yang akan kita buat. Pasti seru.

Gol A Gong

Please follow and like us:
error53
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia