Saya mengganti pakaian di dalam mobil. Daniel menyetir mengikui Roro, yang naik motor literasi merek Honda Versa merah pemberian Perpusnas RI. “Itu atas jasa almarhum Nirwan Ahmad Arsuka, pediri Pustaka Bergerak,” kenang Roro.

Indra Defantra selaku CEO SIP Publishing bersama tim, yang jadi event organizer Safari Literasi Pansela di Banyumas, menemani kami menjelang senja itu. Roro penerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022.

Di jalanan kampung, Roro berhenti. Dia membubarkan road race anak-anak remaja, yang mengganggu kenyamanan warga. Mereka mendominasi jalanan, yang biasa dipergunakan oleh ibu-ibu kampung pergi-pulang kerja naik sepeda. Road race itu bubar.

“Gila! Roro mengusir anak-anak yang lagi road race itu! Pada takut mereka sama Roro!” kata Daniel yang menyetir.

 Ya, road race itu bubar. Kami melanjutkan perjalanan, mengikuti Roro yang melaju dengan motor literasi.

Saya, Rudi, dan Daniel sampai di rumah khas Jawa. Semacam rumah pendopo. Joglo. Sejak di halaman sudah terasa barang-barang bekas seperti botol plastic ditumpuk. Juga ada motor roda tiga warna hijau dengan tulisan “Limbah Pustaka”, yang keliling kampung menampung barang bekas.

Roro menjelaskan, Limbah Pustaka setiap hari menyediakan layanan baca gratis, peminjaman buku, sodakoh sampah, wisata edukasi sampah, pelatihan pengolahan limbah hingga menyediakan internet gratis.

Saya berbincang-bincang sebentar. Saya kagum. Roro mengungkapkan perasaannya, “Mimpi yang jadi kenyataan, Kang Gol A Gong Duta Baca Indonesia mampir ke Limbah Pustaka, Terimakasih Kang Gol A Gong, Mas Rudi, Mas Daniel, Mas Indra beserta rombongan. Ini tambahan amunisi penyemangat untuk bergerak, Kerawuhan tamu agung. Matur nuwun Ya Allah…”

Safari Literasi Duta Baca Indonesia – Perpusnas RI menunya tidak hanya pelatihan menulis, seminar literasi, pesta puisi, bedah buku, hibah buku, motivasi menulis, tapi juga bersilaturahmi kepada tokoh literasi di kota yang disinggahi. Seperti sekarang ini di Purbalingga, saya sebagai Duta Baca Indonesia  berkunjung ke Limbah Pustaka yang dikelola oleh Roro Hendrati.

Please follow and like us:
error52
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia