Abang Pius salah satu  Seniman Flores  Timur yang  pernah bertemu  Presiden  Jokowi  saat di Ende pada 2023. Dia bercerita tentang bagaimana  festival  di kota lain di NTT. Dia berharap pemerintah  daerah mampu menghadirkan  konsumen bagi produk -produk UMKM  Flores  Timur. Namun beliau tak hanya berharap tapi juga mensharing kembali ilmu yang didapat ,

Abang Pius sebagai seniman serba bisa, mengkhususkan  pada produk batok kelapa. Beberapa  kali dia diminta memberikan  pelatihan  pembuatan  kerajinan batok kelapa, Produknya telah tembus hingga  Labuan Bajo. Dia berjejaring dan mengikuti festival di luar Flores Timur juga memotivasi  anak muda Flores Timur untuk berani bermimpi dan bertindak besar untuk  menggapai  mimpi. 

Sebagai sumbang saran Abang Pius untuk Festival  Bale Nagi 2024, khususnya  untuk produk-produk  UMKM. “Sebaiknya Dinas  Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur di masa depan membuat pre event pada momen  Semana Santa tanpa mengganggu  kesakralannya, yang diperuntukkan  bagi pelaku UMKM.”

Abang Pius mengingatkan, bahwa pada momen tersebut banyak penziarah  datang ke kota Larantuka  guna menyaksikan  Pekan Semana Santa dan pasti membutuhkan oleh-oleh khas daerah Flores. Itu saat yang tepat bagi produk UMKM untuk tampil.

Ya, Flores  Timur sangat membutuhkan  seniman seperti  Abang Pius yang militan dan berpikiran terbuka untuk  kemajuan  Flores  Timur itu sendiri.

Profil singkat:
Nama lengkap: Pius Payong Apa
Nama panggilan:Pius/Aron
Nama Galeri: Koli Ata Kiwan.desa Kolimasang-kec.Adonara
Prestasi: karya yang pernah di buat dan berkesan: seni ukir kayu bahan akar cendana atas pesanan bpk Bupati Flotim.tingkat kesulitan yang tinggi di banding bahan dasar dr semen..ada jg patung kayu ukuran kecil.menceritakan kehidupan masa kecil saya pribadi..
Kata- kata motifasi: Hidup adalah belajar. Setiap ruang dibawah kolong langit ini adalah sekolah dan setiap org yang kita jumpai adalah guru…dan waktu adalah belajar. Jadilah diri sendiri.

Please follow and like us:
error50
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia