Jakarta adalah ibukota atau mantan ibu kota. Jakarta adalah pusat pemerintahan, perekonomian, kebudayaan, dan lain-lain bagi  bangsa Indonesia. Banyak peristiwa yang terjadi di sana, berdampak luas bagi seluruh negeri ini. Apalagi kalau peristiwa itu dalam bidang politik atau  kebijaka-kebijakan politik. Informasi tentang  Jakarta, setiap saat menggelontor dan sangat mudah diperoleh  siapapun. Oleh sebab itu, wajarlah apabila  kita sebagai warga republik ini, masing-masing mempunyai kesan khusus tetang kota fenomenal  ini. Bahkan meskipun kita tidak  tinggal di sana.

Saya juga demikian. Walaupun bukan penduduk Jakarta, bolehlah saya membuat catatan  tentang kota tua itu.   Bagi saya, pemantik kesan tentang Jakarta, hanya sedikit saja yang diperoleh melalui persentuhan  langsung dengannya. Itu  karena saya hanya singgah-singgah saja di sana.  Kesan dan interpretasi terhadap Jakart itu, dapat kita ungkapkan dalam berbagai bentuk. Bisa dalam pujian seraya tersenyum bahagia. Bisa berbentuk  keluhan, caci maki, harapan, ungkapan syukur dan sebagainya.  Saya mencoba menuliskan hal-hal semacam itu dalam beberapa  puisi..  

Selamat membaca. Salam bahagia. Ingat, HUT ke-497 Jakarta diperingati pada tanggal 22 Juni 2024. Tahun ini, upacara HUT Jakarta diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas). Warga Jakarta dapat mengikuti kegiatan ini dengan syarat mendaftar terlebih dahulu.

Zen Zaini

Please follow and like us:
error53
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia