Kisah Relawan: Percaya Diri Adalah Kunci Sukses Mendongeng

Dari pengamalam-pengalaman di atas dapat membentuk rasa percaya diri, aku tidak merasa takut jika tampil di ruangan yang banyak orang. Kemudian saat berstatus sebagai mahasiswa, aku tumbuh di lingkungan yang positif. Aku banyak menyerap ilmu dari dua sumber; dunia kampus dan dunia komunitas yang menambah rasa percaya diri. Di dunia kampus, aku menyabet juara III; MR. TBI 2015-2016 dan Duta Kampus 2016. Padahal, waktu itu aku masih dibilang mahasiswa baru (Maba).

Selain itu, di dunia komunitas, aku ditunjuk sebagai maskot Rumah Dunia – Jang RuDun. Saat berperan sebagai Jang RuDun, aku tampil baca puisi karya sendiri di 6 provinsi; Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT selama 82 hari dalam program Safari Literasi Duta Baca Indonesia bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kini, aku menyukai hal baru yaitu dongeng. Mendongeng di hadapan presiden RI adalah mimpi baruku. Meskipun hal ini baru, tapi aku sudah memiliki pengalaman dalam seni pertunjukkan. Aku hanya perlu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan objek atau lawan bicara. Jika anak-anak, maka aku harus memahami bahasa dan dunia anak-anak.

Setelah berhasil mendongeng bersama Tim Pendongeng Rumah Dunia di Alun-Alun Serang dalam rangkaian Roadshow Bus KPK 2022, aku menjadi semakin bersemangat untuk tampil maksimal dan mewujudkan mimpi baruku.

Aku percaya bahwa rasa percaya diri merupakan kunci sukses mendongeng. Dengan pengalaman yang aku punya, aku terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi saat tampil mendongeng.

Di kegiatan Roadshow Bus KPK 2022 titik kedua; Alun-alun Kota Cilegon. Aku bersama Kak Wina, Tim Pendongeng Rumah Dunia tampil mendongeng kembali. Kami berangkat dari Rumah Dunia, Serang dengan menggunakan mobil pribadi Ibu Tias Tatanka yang membawa properti dongeng bersama Tim Pendongeng; Kak Wina, Kak Dio, dan Kak Andin menuju lokasi acara.

Di Alun-alun Kota Cilegon, aku banyak berjumpa dengan alumni Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimmiyah, dan kebetulan salah satunya adalah pendongeng juga. Aku perhatikan bagaimana dia membawakan cerita hingga ke gestur tubuhnya. Aku senang bisa berjumpa dengan orang yang memiliki kesamaan hobi; mendongeng. Aku menjadi banyak belajar dalam hal mendongeng.

Please follow and like us:
error18
fb-share-icon0
Tweet 5

Satu Balasan untuk “Kisah Relawan: Percaya Diri Adalah Kunci Sukses Mendongeng”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)