Traveling: Dari Ritme Belajar ala Kampung Inggris Pare Kediri ke Rumah Dunia di Serang Banten

Kampus memindahkan jadwal kuliah karena memang mahasiswanya banyak, tetapi kelasnya tidak mencukupi. Padahal, pada jam-jam sore suasana belajar itu menjadi kurang menyenangkan—karena berbagai alasan tentunya—barangkali otak sudah tidak fresh.

Beruntung, saat saya mengenyam pendidikan bahasa di Kampung Inggris Pare Kediri, pola hidup dan waktu tidur saya sehat—ini karena satu alasan—belajar di Kampung Inggris itu ketat. Baiklah, akan saya jelaskan maksud sebenarnya.

Setiap hari saya dibangunkan pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan Salat Subuh berjamaah dan dilanjutkan mengaji. Usai ngaji, saya menghafal 25-50 kosakata Bahasa Inggris.

Tidak ada istilah tidur setelah Salat Subuh. Semuanya berganti menjadi waktu yang bermanfaat. Sarapan dan mandi pagi menjadi rutinitas yang tidak bisa dilepaskan sama sekali.

Untuk belajar di tempat saya kursus yaitu 07.00 dan istirahat pada saat kumandang azan Duhur. Ada waktu dua jam untuk istirahat, tapi ini adalah bagian dari kesempatan tidur siang, makan atau bahkan menghafal kosakata.

Semua waktu di kampung Inggris digunakan untuk belajar. Mengapa demikian? Karena di tempat saya kursus, belajar itu sampai 6 kali dan batas waktunya sampai bertemu Salat Isya.

Saya sangat berharap sekali kepada diri sendiri agar pola atau kebiasaan hidup sehat dan ritme belajarnya bisa terbawa sampai saat tidak di kampung Inggris kembali.

Di Rumah Dunia, saya sudah mempraktikkannya. Setiap hari bangun Subuh untuk salat. Usai salat mengaji sampai empat sampai sepuluh halaman Alquran. Kemudian melanjutkan menghafal kosakata. Dan tentunya, menyapu halaman Rumah Dunia setiap pagi.

Saya ingin sekali mengajak dan mempraktekkan pola hidup sehat dan ritme belajar di Kampung Inggris Pare Kediri diaplikasikan di Rumah Dunia. Semoga nanti bisa terwujud.*

Please follow and like us:
error18
fb-share-icon0
Tweet 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)