Sesungguhnya hari Minggu menjadi hari yang berat jika harus berkegiatan di sekolah, pasalnya hari Minggu ada tontonan film favorit di Televisi, yang sayang jika dilewatkan: film Kamen Rider Black atau orang Indonesia menyebutnya film Ksatria Baja Hitam. Tapi tak apa, toh saya masih bisa menonton Ksatria Baja Hitam di rumah kawan yang lokasinya persis di samping sekolah, di sela-sela istirahat.

Momen indah lainnya yang masih terus teringat adalah saat mengikuti kegiatan Pramuka di jenjang SMP. Waktu itu kegiatan Pramuka diadakan di sebuah pantai di Anyer. Kami mendirikan tenda di hamparan pasir putih.

Lalu ada semacam petualangan seru menuju hutan kecil. Setiap kelompok diwajibkan menyusuri hutan kecil itu, hingga mencari jalan keluar untuk kembali sampai ke tenda.

Sepanjang menyusuri hutan, kami tak diberi peta. Hanya ada sandi-sandi yang dibuat panitia dari tali rafia. Setiap kelompok harus mengingat sandi-sandi itu. Jika ada tali rafia satu itu bertanda jalan lurus. Jika ada tali rafia dua di simpangan, itu tanda ambil jalan kiri. Tali rafi ada tiga, berarti belok kanan.

Hingga puncak malam harinya ada api unggun dan berbagai game menarik lainnya. Itulah pengalaman Pramuka yang masih sangat berkesan bagi saya.

Kamu gimana?

Salam Pramuka!

Please follow and like us:
error36
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia