“Cerita pendek adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh yang sedikit dan berkarakter kuat, plot tunggal, tema yang kontroversial, bahasa (diksi dan majas) yang tepat dan setting lokasi serta waktu yang singkat.”

***

Pada 10 Februari 2019 Kelas Menulis Gol A Gong digelar di Bekasi, Jawa Barat. Penyelenggaranya Prawiro Sudirjo bersama Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya. Alhamdulillah, mereka berhasil menulis cerpen sebagai tugas dan menerbikannya jadi buku antologi.

Saya kebagian menulis kata pengantarnya. Otomatis saya membaca 13 cerita pendek yang terkumpul di kumpulan cerpen “Wajah-wajah Dunia” . Saat menyimak setiap kalimat yang terlukis indah, saya merasa seperti membaca wajah sendiri. Cerita-cerita tentang keseharian kita mengalir deras. Seolah cermin, melihat utuh bagaimana diri kita.

Please follow and like us:
error59
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia