Puncak Hari Anak Nasional di Maluku disambungkan dengan perayaan Hari Anak Nasional se-Indonesia di Bogor yang diisi oleh Presiden Jokowi via daring yang terpampang jelas di layar ruangan aula. Di Taman Teijsman, Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi bermain sulap pot kosong dengan tongkat. Tongkat tersebut seolah dapat membantu pot kosong mengeluarkan bunga dengan bantuan mantra. Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengaku senang dapat bisa berinteraksi dan melihat keceriaan dan keaktifan anak-anak yang menunjukkan kreativitasnya.

Aku sangat menikmati seluruh rangkaian kegiatan peringatan Puncak Hari Anak Nasional di Maluku. Tidak lupa, aku juga membagikan angket minat baca kepada para peserta dan daftar hadir peserta untuk keperluan laporan Duta Baca Indonesia.

Saat aku keliling ke beberapa peserta, tiba-tiba aku berjumpa dengan Erwin Maitimu, salah satu satu pembaca buku novel Balada Si Roy karya Gol A Gong. Dia membawa novelnya untuk ditanda tangan oleh penulisnya langsung sekaligus memberikan kain tenun khas Maluku. Dia bercerita bahwa istrinya; Mbak Ulen sedang sakit dan meminta Gol A Gong untuk mengirimkan kata-kata semangat dalam bentuk video 1 menit.

Aku segera memberi kabar kepada Mas Gong dan langsung membuatkan video untuknya. 

Hallo Mbak Ulen. Apa kabar. Saya Gol A Gong. Sekarang saya sedang berada di Kota Ambon. Terima kasih loh Mbak Ulen sudah membaca karya-karya saya. Saya bahagia sekali. Tadi ketemu dengan suami Mbak Ulen. Sayang ya Mbak Ulen sedang tidak dalam kondisi yang baik. Mbak Ulen, dengan segala hormat, dengan segala perasaan bahagia. Semoga Mbak Ulen sembuh ya. Semangat Mbak Ulen. Ingat, banyak makan, walaupun sakit harus banyak makan, minum air putih yang hangat. Minum madu kalau bisa. Madu dicampur dengan air putih yang dingin. Puji Tuhan, pasti Mbak Ulen sembuh, terutama ada suami yang mencintai Mbak Ulen.   

Dari kejadian ini, aku belajar bahwa seorang penulis harus bertanggung jawab kepada para pembacanya. Mas Gong bahkan memberikan contoh langsung bagaimana seorang penulis bersikap dengan pembacanya.

Please follow and like us:
error36
fb-share-icon0
Tweet 5

ditulis oleh

golagong

Duta Baca Indonesia 2021-2025 - Penulis 125 buku - Motivator Menulis - Pendiri Rumah Dunia